Blogs

Mengenal Karies Pengertian, Faktor Penyebab Dan Pencegahannya

Mengenal Karies Pengertian, Faktor Penyebab Dan Pencegahannya

Sahabat, tahukah anda apa itu karies?
Karies atau dalam bahasa umum disebut juga gigi berlubang, merupakan penyakit yang seringkali dianggap remeh dan tidak membahyakan.

Tapi tahukah anda dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan. Komplikasi yang terjadi mulai dari terjadinya bau mulut sampai timbulnya pembengkakan yang dapat menutup jalan nafas sehingga mengacam keselamatan.  Lalu apa sih sebenarnya hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya gigi  berlubang?

Karies atau  gigi berlubang adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan lapisan email yang bisa meluas sampai ke bagian saraf gigi yang disebabkan oleh aktifitas bakteri di dalam mulut. Gigi berlubang  disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor gigi, mikroorganisme, substrat, dan waktu.

Faktor pertama yaitu karakter gigi yang biasanya bersifat menurun, seperti kualitas, ukuran, dan posisi gigi. Kedua adalah mikroorganisme yaitu kuman yang ada di dalam mulut . Ketiga adalah substrat atau disebut juga degan sisa-sisa makanan yang tertinggal di permukaan gigi. Faktor terakhir adalah waktu, proses trejadinya karies tidak berlangsung dalam waktu yang singkat. Perjalanan bakteri karies untuk menjadikan gigi berlubang berlangsung dalam kurun waktu 6-48 bulan. Lalu bagaimana cara mencegah agar gigi kita tidak berlubang? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang diantaranya dengan membiasakan diri untuk menyikat gigi dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat pula.

Kita dianjurkan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur.  Tekniknya adalah menyikat permukaan gigi sesuai arah tumbuhnya gigi dengan sudut 45 agar sisa makanan terangkat. Pada bagian permukaan kunyah dapat dilakukan dengan gerakan maju mundur. Menggunakan pasta gigi yang mengandung floride untuk meningkatkan kesehatan gigi. Makan makanan yang berserat dan berair dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan, tapi sikat gigi juga masih diperlukan ya. Jangan lupa untuk mengurangi  konsusmsi makanan dan minuman yang manis, lunak, dan melekat karena sisa-sisa makanan dan minuman inilah yang disukai oleh kuman-kuman di gigi. Rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali walaupun tidak ada keluhan dapat membantu kita mengetahui keadaan gigi dan mulut kita, sehingga bila terjadi suatu masalah dapat segera ditangani.

Melakukan kebiasaan baik seperti diatas dapat mencegah terjadinya karies dan membantu pemerintah mewujudkan senyum Indonesia cerah dan bebas karies 2030. Salam Sehat Sahabat Rehatta.